Copyright © Bandung dari Kacamata Pendatang
Design by Dzignine
Monday, April 28, 2014

Anak Gaul Bandung, Anjing, dan Goblog


keepcalm5studio.com

Hello readers, cerita ini sebenernya agak ga penting yaitu tentang pergeseran budaya yang saya alami sebagai seorang dog lover dan sekaligus seorang Jawa tulen, hehehe

Suatu hari saya dan suami makan di sebuah warung ramen di daerah Setiabudi, nahhh dari situlah artikel ini berasal.. Waktu itu hari hujan, warung ramen sedang penuh dan kita lagi ngobrol tentang macet, banjir, and bla bla bla. Entah kenapa perhatian saya ter-distract oleh sebuah kata yang diucapkan dengan frekuensi berkali-kali dalam 1 menit oleh segerombolan anak muda di meja seberang.

Oke... saya masih stay cool ketika menangkap kata yang disebut-sebut gerombolan itu adalah ANJING. Di tanah Jawa kata itu bisa dibilang haram diucapkan karena sangat kasar dan ga sopan, di Jakarta yang lebih moderat kata itu juga diucapkan sesekali saja sebagai bentuk umpatan. Laahhh tapi ini............... karena penasaran saya coba menghitung berapa kata ANJING yang keluar dari bibir anak2 itu, and guess what?! Dalam 1 menit mereka mengeluarkan 9 kali kata anjing dalam 1 kalimat!!

Kalau ini cerita komik pasti ekspresi saya uda begini nih... *jaw drops*

istockphoto.com



Saya bingung sendiri mereka sebenernya mau cerita tentang anjingnya atau apa. Belum cukup sampai disitu, ternyata masih ada 1 kata lagi yang tingkat frekuensinya ada di level 2, yaituuu... GOBLOG. *doenkkk*


Saya menyadari banget kalau lain ladang lain belalang, maka saya mencoba menganalisa penggunaan 2 kata tersebut sebagai berikut (disclaimer: ini adalah analisa ngasal semata, bila ada ketidaktepatan mohon dibantu tepatnya pigimana)


Untuk anak muda Kota Bandung yang funky dan gaul, kata ANJING dan kata GOBLOG cuma sekedar satu tanda baca ato penegas kalimat. Barangkali adalah Ejaan Sunda yang Disempurnakan bahwa kata ANJING hanya berarti satu tanda KOMA (pemisah kalimat), sedangkan kata GOBLOG berarti TITIK (Menutup satu kalimat). Jadi jangan marah atau merasa tersinggung kalau lagi jalan-jalan di KOTA BANDUNG bakal sering mendengar kata ANJING dan GOBLOG didalam obrolan anak-anak muda.

Contoh kalimat:  “Tadi urang dahar ANJING ayeuna rek ngaroko heula GOBLOG “. Bahasa Indonesia nya: “Tadi saya makan, sekarang mau merokok dulu.”

Lucunya saat saya bercerita ke seorang teman dia malah bilang, "kalau belum bisa ngomong anjing dan goblog teh belum diakui jadi warga Bandung." dan dia menambahkan sebuah info yang entahlah bisa dipercaya atau tidak kebenarannya.......

Di daerah Bronk seperti di Water Rock (Cicadas), menghaluskan kata ANJING cukup ditambahkan kata PUNTEN. Jadi jangan heran kalau ada orang lewat ngomong permisinya mengunakan kata yang halus yaitu: ”PUNTEN ANJING”. Cukup dijawab mengunakan tutur kata yang tidak kalah lemesnya yaitu ”MANGGA GOBLOG”.

ALAAAMMAAAAAAKKKKKKK !!!!!

Baiklah kalau begitu saya menutup cerita ga penting ini dengan... tah sakitu heula ANJING engke lamun aya waktu dilanjutkeun GOBLOG





Tak kenal maka tak sayang, lihat profil saya disini


3 comments:

  1. Tuh udah ada Related Postnya ;) Salam Blogger [www.caraseoblogger.com]

    ReplyDelete
  2. Halo mas.. kebetulan ini akhirnya pakai tutorial yang lain..
    But thanks anyway really appreciate it :)

    ReplyDelete