Copyright © Bandung dari Kacamata Pendatang
Design by Dzignine
Sunday, April 27, 2014

Places: Kawah Putih - Cukup Sekali Aja

Okay my very first visited spot review around Bandung is a famous Kawah Putih. Sebenarnya sudah tengah tahun lalu saya dan Adit (dulu masih pacar) ke tempat ini tapi karena baru kepikiran nge-blog tentang Bandung sekarang ya sudahlah ya!

Bahh.. semua orang bicara tentang Kawah Putih, semua buku panduan wisata pasti adaaa aja ulasan tentang tempat ini. Berangkat dari rasa penasaran yang banget, akhirnya tempat ini menjadi destinasi weekend kami. Dan karena waktu itu belum populer Waze aplikasi GPS yang lagi happening saat ini, berbekal googling rute kami berangkat dan berikut saya share rute ke Kawah Putih yang waktu itu kami ikuti..

  1. Start awal dari Jalan Riau Bandung menuju  TerminaL Leuwi Panjang, TerminaL Leuwi Panjang terletak di Jalan Soekarno-Hatta by pass. 
  2. Dari terminal lanjut menuju Kopo melewati Jalan Kyai Haji Wahid Hasyim (sering juga disebut Jalan Kopo) jalan lurus terus mengikuti arah jalan raya sampai nanti akan melewati Miko Mall yang artinya kamu sudah memasuki daerah Kopo Bihbul. Ok jalan terus, anda sedang menuju Jalan Kopo Sayati. 
  3. Meninggalkan Jalan Kopo Sayati kita memasuki Jalan Raya Kopo-Soreang. Untuk informasi, sebagai patokan nanti akan melewati Bank BRI Sukamenak dan RS Pemata Hati.
  4. Dari Jalan Raya Kopo-Soreang lurus saja mengikuti arah jalan raya menuju Jalan Terusan Kopo-Soreang. Patokannya kita akan melewati Rumah Sakit LANUD Sulaeman. 
  5. Dihujung Jalan Terusan Kopo-Soreang kita akan melewati bundaran, ikuti saja memutar bundarannya dan memasuki Jalan Raya Soreang. 
  6. Di Jalan Raya Soreang kembali lurus mengikuti arah jalan sampai melewati TerminaL Soreang.  Melewati TerminaL Soreang kembali jalan terus (ingat ya gak usah belok belok) memasuki kawasan Jalan Raya Soreang-Ciwidey, terus ke Jalan Raya Ciwidey. 
  7. Ang-ing-eng di Jalan Ray Ciwidey kita akan melewati Restoran Sindang Reret Ciwidey (saya nginap disini, nanti di bahas iahh) Lanjut terus boss melewat Jalan Ciwidey-Rancabali, Jalan Ciwidey Babakan Jampang, sampai ke Jalan Babakan Jampang - Cibuni.
  8. Sampaiiii...
Walaupun jalanan agak sepi dan berliku kami sampai di lokasi jam 6 pagi (niaatt? emanggg!) dan disambut sama sesuatu yg bikin shock!!!

Papan tiket masuk yg bikin hati saya geregetan

Oke fine kita memang boleh2 aja parkir di bawah dengan biaya hanya Rp 6000 tapi hellooo ga ada siapa2 cuy di tempat parkir, dan akhirnya dengan berat hati memutuskan untuk merogoh kocek Rp 150.000 ditambah Rp 15.000 x 2 alamakk! Fyi, parkir motor di kenai biaya parkir bawah Rp 5000 dan bisa lanjut ke atas pakai angkutan yang disediakan dengan tambahan Rp 10.000 /org, sementara biaya masuk wisatawan asing Rp 30.000.

Perjalanan ke atas sangat ga nyaman bagi saya yg bawa city car karena jalanan banyak lubang dan aspal yang ga rata. Sebenarnya kanan kiri yang masih pepohonan semi hutan sih terlihat menyejukkan, cuma karena saya yakin seyakin-yakinnya kalau kami adalah pengunjung pertama, jadi ya okey ini agak spooky...
Yang jelas ikuti aja jalannya sampai akhirnya nanti ketemu dengan sign ini:

credit to: bdgholiday.com karena saya lupa ambil sign ini, hehe
Ternyata di atas sudah ada beberapa mobil, ga kebayang jam berapa mereka sampai. 
Info singkat tentang kawah putih


Gerbang masuk area kawah putih
Oke foto yang di atas emang cupu, tapi kan saya baru bangun langsung berangkat! (ngeless...) Saya sendiri menyarankan untuk pakai pakaian yang cukup tebal karena dinginnya ampunnn. Btw sekitar 5 meter dari saya berdiri kita akan disambut sama musik khas Sunda dari seruling bambu yang ditiup sama seorang bapak tua, konon katanya doi ada disitu setiap hari dari pagi sampai sore. Disarankan juga untuk sudah sarapan atau min bawa bekal roti, karena ga ada warung yang jualan di atas, ada juga pop mie yang harganya 2 kali lipat.

Anak tangga menuju kawah

Pemandangan kawah putih. Di sisi lain dari foto ada pasangan yang sedang prewed dan amazingly si cewe pakai baju model kemben, ga kebayang aja habis dari situ dia dipastikan bakal kerokan -_-

Adit berjengit karena wajahnya ketampol angin kawah, hihihi


Well, memang indah banget pemandangannya dan bisa membuat kita tersihir untuk duduk berlama-lama sambil merenung dan berlagak bijak. Kawah yang biru kebeningan dan permukaannya berasap, dipadu sama batang2 pohon mati justru memberi kesan kita ada dimanaa gitu.. Sayangnya kericuhan sekelompok anak muda yang baru datang dan bernarsis ria serta bau belerang yg amat menusuk membuat saya cepat sadar dan segera saya mengucapkan terimakasih plus sampai jumpa pada Kawah Putih.

Disarankan untuk datang sepagi mungkin, karena siang sedikit sudah mulai ramai dan panas matahari yang cukup menyengat dicampur sama dingin alami plus bau belerang yang kuat bikin badan rasanya panas dingin.

Balik lagi kesini? Hmm.. maybe yes kalau ada berombongan tapi kalau berdua lagi enggak deh terimakasih, karena buat saya sih cukup mahal ya retribusinya :( dan di atas bener2 hanya ada kawah aja ga ada spot lain untuk dikunjungi (kirain ada tambang emang karena mehongnya itu boo..)

Point: 8 out of 10

Have a nice day and good luck!


@Miss_Mapple

0 comments:

Post a Comment