Copyright © Bandung dari Kacamata Pendatang
Design by Dzignine
Sunday, April 27, 2014

Tips&Trik: Belajar Bahasa Asing GRATIS

Hari ini ga bisa Bahasa Enggres? Kemana aja cyin....

What? Uda bisa? Ohh cuma Bahasa Enggres doank bisanya, ga bisa bahasa lain ya? (teuteuppp..)

Yah ga heran lagi lah ya, jaman sekarang anak bocah juga ngomong sama ortunya pakai bahasa Inggris, ke pembantunya bahasa Indo, ke tantenya bahasa yang lain lagi. Fiuuhhh.... Kadang kagum juga gimana proses otaknya bisa memorize semua kosakata yang beda2 banget itu... Secara saya jamin, yang usianya se- saya dan ga pernah tinggal di luar negeri pasti kelas 4 SD dulu ngos2an belajar bahasa Inggris, mungkin ada malah yg masi  ngos2an sampai sekarang, hehe.

Okay kembali ke topik. Dengan alasan sudah merasa bosan dengan bahasa Inggris dan pengen belajar bahasa asing tapi terjebak kemacetan Jakarta yang bikin grrrrrr sehingga jadwal tempat kursus bahasa ga pernah ada yang match, saya berniat ikut kursus bahasa online. Dan voila, Bukan hanya nemu web belajar bahasa yang lengkap, bisa ngobrol sama native speaker, tapi juga gratis!

I proudly present to you, LIVEMOCHA...




Website ini keren banget karena tersedia 38 bahasa dari ujung timur sampai barat yang bisa dipelajari secara gratis sampai level dan akses tertentu, diklaim telah memiliki 12 juta pendaftar dari 196 negara di dunia dengan visit sekitar 400 ribu orang tiap harinya.

Apa yang keren dari livemocha?


Livemocha menyediakan fitur chat dengan jutaan orang dari berbagai penjuru dunia.


Setiap bahasa rata2 terdiri dari 3 modul dan proses pembelajaran dibagi menjadi berikut:
  • Learn: kita akan diajarkan serangkaian kata, meningkat jadi kalimat dilengkapi dengan gambar and how to pronounce nya. 
  • Review: tes apakah kita sudah memahami learn yang sudah diberikan sebelumnya
  • Write & Speak: tes dimana kita akan diajukan sebuah pertanyaan dan bisa menjawab pertanyaan lewat tulisan, atau bisa juga memilih tes speaking untuk mencoba membaca sebuah paragraf. 

Siapa yang akan memberikan penilaian di Livemocha?

Web ini sistemnya seperti dari kita untuk kita, jadi yang akan menilai tes2 yang kita lakukan adalah sesama pengguna Livemocha. Jangan khawatir, karena hanya pengguna yang minimal level kelancarannya advance pada bahasa itu (yang kita pelajari) aja yg bisa memberikan penilaian. 

Kita juga bisa meminta orang tertentu secara personal untuk menilai tugas kita. Kalau kita upgrade account kita bahkan bisa konsultasi pribadi dengan guru2 yang certified. Dan setiap memberikan review terhadap tugas seseorang kita akan dapat poin, yang gunanya bisa tukarkan untuk modul atau tugas khusus yang ingin kita pelajari.


Intinya Livemocha ini cukup recommended lah untuk belajar bahasa dasar. Kalau kita bener2 aktif, berteman sana sini, barangkali ga harus kursus berbayar bisa2 aja menguasai bahasa baru, ehehe.


Anyway, kenapa saya bahas ini? Selain saya pengen berbagi cool website yang saya temukan. Well, mungkin karena sudah mau resign jadi pekerjaan di kantor sudah mulai dialihkan dari saya, hehehe. Daripada ga ngapa2in di kantor 8 jam cuma makan gaji buta bosen, jadi kenapa ga saya mengasah otak biar ga tumpul :D

What do you think readers? It's cool, isn't it? 

Jangan lupa berteman dengan saya di Livemocha -> Thea from Indonesia

All pictures credit to: livemocha.com

Have a niche day and good luck!

@Miss_Mapple

1 comments: